visitor

Senin, 14 Maret 2016

Setting Karburator Motor

Cara Setting Karburator Motor.

 Karburator adalah sebuah alat yang mencampur udara dan bahan bakar untuk sebuah mesin pembakaran dalam. Karburator masih digunakan dalam mesin kecil dan dalam mobil tua atau khusus seperti yang dirancang untuk balap mobil stok. Kebanyakan mobil yang diproduksi pada awal 1980-an telah menggunakan injeksi bahan bakar elektronik terkomputerisasi. Mayoritas sepeda motor masih menggunakan karburator dikarenakan lebih ringan dan murah, namun pada 2005 sudah banyak model baru diperkenalkan dengan injeksi bahan bakar.  Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


nah sudah tau kan bagaimana karburator memainkan perannya di sebuah system motor. benerr.. yaitu sebagai alat pengabut/ pencampur bbm pada sebuah sytem pembakaran.
lalu bagaimana cara setting karbu motor???
Pada setiap saat beroperasinya, karburator harus mampu:
  • Mengatur besarnya aliran udara yang masuk kedalam ruang bakar
  • Menyalurkan bahan bakar dengan jumlah yang tepat sesuai dengan aliran udara yang masuk kedalam ruang bakar sehingga rasio bahan bakar/udara tetap terjaga.
  • Mencampur airan udara dan bahan bakar dengan rata dan sempurna

nah karena ada dua jenis karburator yang biasa ada di motor brosis sekalian, yaitu karbu jenis vakum dan karbu jenis skep.
 
- karbu VAKUM
pada dasarnya cara untuk setting karbu hampir sama. tutup setelan angin. terus buka kurang lebih buka 2,5 putaran lebih sampai langsam. sampai stasioner mesin bagus.

- karbu SKEP
nah pada kasus ini biasanya buka setelan angin mulai dari 2 putaran. max 2,5 putaran. di jamin langsam deh. tidak terlalu boros juga. 

ini pengalaman dari bikerider sendiri lho.. eh tapi bikerider pakai yang jenis vakum


0 komentar:

Poskan Komentar