visitor

about BIKER

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

BIKERIDER

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 3 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 4 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 5 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

Rabu, 24 Februari 2016

FUNGSI SEPEDA MOTOR

APASIH FUNGSI SEPEDA MOTOR BUAT KITA

Motor sudah menjadi kebutuhan rakyat Indonesia. mulai untuk mengantar anak sekolah, belanja, bekerja, sekolah, kuliah, kirim barang, ambil dagangan, kerja dan masih banyak lagi fungsi yang ga bisa saya sebut.

hahahahaaa... tapi pada prinsipnya motor adalah alat tranportasi modern (karena pakai mesin dan butuh bahan bakar) yang cukup bisa diandalkan. 
mulai hanya alat transportasi tarkam red-antar kampung sampai kalo mau bisa untik keperluan mudik antar kota antar provinsi. hehehehe... 

banyak jenis motor yang beredar di pasaran mulai motor metik bebek atau motor sport red-motor laki yang ber cc gede.

nah tinggal kita mau memekai jenis yang apa kita sesuaikan dengan kebutuhan kita. walaupun ada yang menggunakan motor bebek ber cc kecil yang di gunakan sampai ke luar kota. itupun masih memungkinkan. asal kita dalam mengendarainya dengan hati hati dan rajin merawatnya tentu akan sangat layak untuk kita jadikan kendaraan yang tahan tempur. 
untuk touring bisa... kerja bisa..
rajin ganti oli mesin di tiap 3000km saya rasa cukup untuk merawat jenis motor bebek di bawah 150cc. dari pabrikan Jepang motor sudah di rancang untuk durabilitas tinggi. kalo untuk motor keluaran china saya belom pernah punya. 
jadi belom bisa kasih testi hehehe...


jadi kalo motor yang kita punya satu-satunya mari kita rawat dengan baik, tentunya akan membuat pemakainya akan merasa nyaman mengendarai kuda supaya baik jalannya... lhooooo kok jadi lagu. 

hehehhe.... jadi fungsi utamanya buat transportasi ya sodara-sodara...
jadi apapun motor yang kita punya. mari kita rawat denagn baik dan benar.
baik memperhatikan kebutuhan jajannya.. ganti part dll
benar dengan mempertahankan fungsi dan estetika yang seimbang.
bukan malah mengurangi kenyamanan sang pengendara dan sesama pengguna jalan lainnya.
kadang ada yang memotong slebor belakang jadi lebih pendek. dri tampilan sih jadi lebih gahar, kesan sporti muncul, tapi apa ga kasihan sama mbak boncenger yang harus rela kaosnya kotor terkena cipratan air kalo ada air menggenang. belom lagi pengendara di belakang akan terciprat. karena ane termasuk pernah ngalamin.

nah akan kita ulas lagi lain waktu tentang motor dan segalanya tentang motor.

salam satu aspal lurrrr (yo iyo satu aspal) mosok satu bantal...wkwkwkwk


Selasa, 23 Februari 2016

servis rutin

4 LANGKAH SERVIS BULANAN (BISA DILAKUKAN SENDIRI)

Perawatan secara benar dan berkala pada sepeda motor, tidak hanya dapat berdampak terhadap performa motor yang makin josss. tapi juga bisa memperpanjang usia dari part sepeda motor kita. 

Secara keseluruhan, perawatan motor baik matic atau manual (bebek/laki) tidak jauh berbeda. Hanya saja pada beberapa bagian, memang ada perbedaan. antara kopling manual dan matik/metic/matic. 

Berikut ini 6 jurus atau tips yang dapat anda lakukan untuk motor sesayangan anda.

1. Bagi anda yang masih menggunakan sistem pengabutan BBM dengan karburator, ada baiknya periksa dan bersihkan karburator 2 bulan sekali. Atau setiap kali servis lebih baik dibersihkan. Bisa di lakukan sendiri dengan menyemprot karbu dengan cairan yang banyak di jual di pasar umum. dan harganya cukup murah kok. ada banyak pilihannya.

2. Tiap 10.000 km klep wajib dibersihkan agar mesin dalam kondisi bagus dan motor tidak ngadat atau mogok. Biasanya kotoransering mengganjal di bagian ini. Apalagi jika motor sering melewati jalanan yang berdebu. 
ini bisa kita kerkan sendiri dengan cairan pembersih carbon yang ada di ruang bakar. banyak kok yang jual di pasaran.

3. Servis di bengkel resmi (hehe saya sendiri gak terlalu suka servis di BERES-bengkel resmi. kadang malah tidak beres). Selain sudah memiliki Standart Operasional Prosedur (SOP), mekanik di BERES-bengkel resmi sudah dilatih untuk menangani permasalahan-permasalahan motor dari pabrikan masing-masing, mulai dari masalah kecil sampai masalah yang lumayan kompleks.

4.  Pergantian oli mesin.lha ini hal yang sepele tapi sering lupa (kalo saya...heheheh) di usaha ini memiliki peranan penting untuk melumasi komponen-komponen mesin. Ganti oli setiap 2.000 km atau 2 bulan sekali.

demikian hal-hal yang bisa mas Bro & mbak Bro sekalian dapat lakukan sendiri bila anda menyayangi motor anda.

Salam mak Woooorrrr Wooorrrr

mengganti rantai motor sendiri

Cara mengganti rantai gear set motor "Sendiri"


Rantai motor (perangkat gearset) adalah komponen motor yang menggerakkan roda dari tenaga mesin. tapi kalo gearset sudah mulai kendor jadi gak enak di pakenya. kadang bisa lepas dan nyepit di antara tromol dan swing arm/ lengan ayun/porok. nah kalo ini terjadi roda belakang akan terkunci. seperti ngerem gitu. dan masih beruntung kalo tidak disertai acara rantai putus.

nah kita akan coba mengganti rantai sendiri. caranya kita siapkan gearset nya. tentunya sesuai type dan merk motor. (meskipun ada beberapa part yang bisa di substitusi >> kalo ini kelas advance) 
nah kalo gearset/girset sudah kebeli, apa nih yang harus kita lakuin?????
>> siapkan kunci sok komplit. biasanya kunci no:12  buka / kendorin mur anting motor


Cara mengganti rantai gear set motor "Sendiri" 
>> selanjutnya as roda juga di kendorin aja. jangan sampai lepas.
>> kemudian buka kunci rantai nya (lihat gambar) 



setelah terbuka jangan langsung di lepas. kaitkan rantai lama dengan yang baru. langsung deh tarik keluar rantai yang lama. sampai ketemu sambungan rantai baru.
kalo sudah ketemu rantai baru yang lama tinggal di lepas saja.
pasang pengait sambungan rantainya. perhatikan arah putaran drive chain. lihat gambar atas.
>> Kencangkan as roda. stel baut anting... ahhhh beressss

kita kemon lagi... ayooo turing rekkkk